Pembelajaran di Kelas

Wringinanom,16 Maret 2024.SD NEGERI 1 Wringinanom tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar selama bulan puasa, meskipun tidak semua siswa masuk ke sekolah.Beraktivitas di bulan Ramadan memang menjadi salah satu tantangan bagi mereka yang menjalaninya, termasuk para pelajar. Tak sedikit mereka yang kehilangan fokus saat berada di jam pelajaran.
Untuk mengatasi hal tersebut, banyak sekolah yang memilih mengurangi jam belajar saat bulan puasa. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan guru agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan efektif.
Tips pertama  untuk menunjang pembelajaran yang efektif selama bulan puasa adalah memberikan materi yang esensial. cukup pilih kompetensi yang tidak terlalu sulit bagi murid.
Dengan demikian, pembelajaran akan tetap bermakna untuk murid-muridnya. Selama bulan Ramadan kondisi setiap murid tentu saja berbeda, untuk itu guru memiliki peran penting dalam hal memahami mereka.
Tips yang kedua memperhatikan kondisi murid saat bulan Ramadan. Kesiapan dan kondisi murid dalam belajar adalah hal yang perlu guru cek secara berkala.
Dengan cara ini, guru bisa mengetahui bagaimana langkah selanjutnya dan apa yang harus dilakukan ketika mendapati murid dalam kondisi yang sedang tidak baik.