Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil Tahun 2023/2024

Wringinanom, senin 04 Desember 2023. Semua siswa-siswi SD NEGERI 1 WRINGINANOM sedang melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS).

PAS adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh setiap sekolah pada akhir semester ganjil. Kegiatan penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.

Penilaian Akhir Semester (PAS) ini dulunya dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester. Cakupan penilaiannya meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.

Berbeda dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT), hasil PAS tidak digunakan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Meskipun demikian, hasil PAS tetap menjadi tolak ukur ketuntasan belajar siswa.

Umumnya, PAS dilaksanakan di pada akhir semester ganjil, yakni sekitaran bulan Desember. Mata pelajaran yang diujikan meliputi semua mata pelajaran dengan materi yang sudah dipelajari siswa selama semester ganjil.

Melalui penilaian ini guru dapat menilai dan mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan selama satu semester.

Jika hasil penilaian ternyata kurang memuaskan, guru dan siswa dapat melakukan perbaikan. Misalnya, perbaikan dari cara menyampaikan pembelajaran.

Melalui PAS, guru juga bisa melakukan evaluasi terhadap program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pembelajaran yang berkesinambungan.

Lebih lanjut, hasil PAS dapat dimanfaatkan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa dan pengisian rapor siswa sebagai laporan kepada orang tua siswa mengenai pembelajaran anaknya selama semester ganjil.